System Electrik Excavator Hitachi ( Electrycal System)

System Electrik Excavator Hitachi ( Electrycal System)

System Electrik Excavator Hitachi (Hitachi Excavator Electrycal System).
hitachi.jpg

System Electrik Excavator Hitachi (Hitachi Electrycal System)
Elektrik Hitachi Excavator sangatlah simple dan mudah untuk dikenali. Nah,Berikut ini saya akan membahas sedikit tentang komponen- komponen elektrikal yang terpasang didalam Excavator Hitachi..

-BATTERY - Battery berfungsi untuk mensuplay daya ke seluruh komponen didalam elektrik Excavator. Battery terdiri dari 2 pcs dan apabila dikombinasikan maka akan menghasilkan daya sebesar 24 volt.

-FUSIBLE LINKS- Fusible links berfungsi untuk melindungi wiring electical system dari kerusakan akibat Over current flow.

-FUSE BOX- Fuse box terdiri dari 20 fuse dan berfungsi untuk melindungi semua jalur electrical dari beban arus yang sangat berat atau Overload.

-ENGINE CONTROL- Engine control terdiri dari 4 switch yang berfungsi untuk mengontrol semua aktifitas Engine secara keseluruhan.

-PUMP ANGLE VALVE CONTROL-  Pump angle valve control berfungsi untuk menerima signal yang dihasilkan oleh sensor dan switch. Proses ini berlansung didalam Logic Module yang berfungsi untuk mengatur aliran oli hidrolik dan tekanan pompa melalui Pump displacement solenoid valve. Sama seperti E.C, P.V.C dilengkapi dengan sebuah L.E.D yang terus menerus berkedip selama P.V.C beroperasi dengan normal.

-EMERGENCY RELAY- Emergency relay dilengkapi dengan sebuah Logic Module, Ketika Engine oil pressure tidak mencapai level standar(Low) emergency relay akan mengaktifkan engine stop module secara otomatis.

-ENGINE STOP MOTOR-  Engine stop motor mempunyai sebuah emergency stop function. Engine stop function akan diaktifkan apabila engine oil pressure tidak mencapai ukuran standar atau Low.

-SWITCH PANEL- Switch panel terdiri dari 2 bagian yaitu Indicator dan sebuah Logic Module. Logic module yang berperan untuk memproses pancaran signal dari switch dan berfungsi untuk mengaktifkan masing-masing perlengkapan elektrik..

-ENGINE SPEED SENSOR (N-sensor)- Engine speed sensor berfungsi untuk mengontrol Revolution Per Minute (R.P.M) dan mengirim informasi ke P.V.C melalui E.C

-PRESSURE SENSOR (P-sensor)- Pressure sensor berfungsi untuk mendeteksi displacement angle dan mengirim signal ke P.V.C untuk mengontrol aliran oli didalam hidraulic pump.

-PUMP DISPLACEMENT ANGLE SENSOR (A-sensor)- Pump displacement angle sensor berfungsi untuk mendeteksi displacement angel dan mengirim signal ke P.V.C untuk mengontrol aliran oli didalam hidraulic pump.

-DIFFERENTIAL PRESSURE SENSOR (D.P-sensor)- Differential pressure sensor berfungsi untuk mendeteksi perbedaan antara Delivery pump pressure dengan Actuating Oil pressure.

- SWING DAMPENER VALVE ASSEMBLY- Swing dampener assembly terdiri dari sebuah valve yang berperan untuk meredam atau mengurangi goncangan/ getaran pada unit apabila ketika swing tiba- tiba berhenti.

-GLOW PLUG RELAY-  Arus battery disuplay ke engine ketika Relay ini diaktifkan.Artinya glow plug adalah jembatan penghubung antara Battery dengan semua switch sensor di Engine system.

-UNIVERSAL RELAY- Relay ini berfungsi untuk mengirim power ke semua accesories didalam unit seperti wiper,,klakson,pembersih kaca,lampu,E.C motor dan engine stop motor.

-PRESSURE SWITCH - Pressure switch berfungsi untuk mendeteksi jalur jalur hidraulic seperti pada Boom,Arm,Swing dan tavel dan sebagainya.. Pada saat tekanan tertentu(Over atau low) maka presurre switch akan mengirim signal ke P.V.C

-HIDRAULIC TEMPERATURE SENSOR (F-sensor)- Hidraulic temperatue sensor berfungsi untuk mendeteksi temperature hidraulic oil dan mengirim signal ke P.V.C.

-PUMP DISPLACEMENT SOLENOID VALVE-
Pump displacement solenoid valve menerima signal dari P.V.C dan membuka dan menutup secara cepat untuk mengatur aliran oli hidrolik ke Servo piston didalam main pump.

-PROPOTIONAL SOLENOID VALVE-  Propotional valve juga menerima signal dari P.V.C. Ketika beberapa actuator bekerja dan tekanan pompa lebih kecil daripada permintaan maka P.V.C memerintahkan propotinal solenoid valve untuk menutup tekanan variable compensated valve dan mengatur aliran oli hidrolik ke actuator yang membutuhkan.



-DIRECTIONAL SOLENOID VALVE- Directional solenoid valve mempunyai sebuah fungsi switch ON-OFF dan terdiri dari 3 valve. Valve pertama berfungsi untuk melepaskan Swing parking brake,valve yang kedua berfungsi untuk mengubah travel speed dan yang ketiga berfungsi untuk menabah power (Power boost)

Komentar

  1. Saya mau tanya pak bos kalau traktir putranya berat sebelah apa penyebadnya

    BalasHapus
  2. Saya mau tanya pak bos kalau traktir putranya berat sebelah apa penyebadnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer