Adjustment zx 200

Cara Stel Tekanan Hidrolik Excavator Hitachi Zx 200


Excavator dengan sistem hidrolik tentu bergantung pada tekanan yang ada di sistem hidroliknya. Jika tekan hidroliknya lemah maka excavator juga low power, dan jika tekanan hidrolik excavator kuat maka excavator juga bertenga. Nah disini saya akan memberikan tips bagaimana langkah-langkah untuk setting tekanan hidrolik pada excavator hitachi Zaxis 200. Meskipun disini saya menjelaskan di hitachi zx200 namun di semua merk lain juga sama, hanya beda konstruksinya saja.

Ada dua sistem yang berbeda tekanan dalam hidrolik excavator :
Main Hidrolik Pressure
Pilot Hidrolik Pressure

Main relief test pressure


Untuk pembacaan tekanan di main hidrolik bisa menggunakan monitor di unit dalam menu service atau memakai presuure gauge. Disini saya akan menjelaskan dengan menggunakan pressure gauge.
Untuk persiapan pengetesan :
Matikan engine
Tekan bleeding valve di atas tutup tangki hidrolik
Lepas plug di port delivery main pump menggunakan kunci L 6 mm
Pasang adapter dan selang pressure gauge
Hidupkan mesin dan periksa apakah adanya kebocoran oli di adapter pressure gauge
Pertahankan suhu oli hidrolik di 50 derajat celcius
Untuk pengukuran :
 Rpm mesin di posisi high idle
Gerakan setiap aktuator untuk pengukuran tekanan. Yang pertama operasikan bucket perlahan, arm, dan boom ke posisi full stroke untuk mengetahui tekanan pada saat operasi tanpa beban.
Untuk swing tancapkan bucket ke tanah agar upperstruktur tertahan dan gerakan swing ke kanan atau ke kiri dan tahan selama 8 detik lalu ukur tekananya.
Untuk travel tahan travel supaya tidak bisa berjalan lalu tarik lever trave full stroke dan tahan 8 detik lalu baca tekanannya.
Untuk actuator bucket, arm dan boom tarik lever full stroke dan tahan sampai 8 detik lalu baca tekanannya satu persatu.

Main relief setting penyetelan :


Stel tekanan main relief valve menggunakan plug no (3) (untuk sisi tekanan rendah rellief pressure setting) dan plug no (5) (untuk sisi tekanan tinggi relief pressure setting).
Prosedur penyetelan sisi tekanan tinggi pada main relief

Kendorkan mur pengunci (1) menggunakan kunci 27 mm. Kencangkan pelan-pelan plug (3) hingga ujung plug (3) bersentuhan dengan piston (2) lalu kencangkan mur pengunci (1)
Kendorkan mur pengunci (4) menggunakan kunci 32 mm. Setting plug (5) mengacu pada tabel di bawah ini.
 Prosedur penyetelan di sisi tekanan rendah :

Kendorkan mur pengunci (1) hidupkan plug (3) berlawanan arah jarum jam dengan perlahan sampai mendapatkan nilai yang di tentukan dengan melihat tabel putaran di bawah.
Cek kembali tekanan






 Artikel terkait :

Komentar

  1. агрзивка | Tiobani, Zyrinx | Teton frames | Tatian
    агрзивка is a titanium frames company that manufactures and manufactures quality electronics, revlon titanium max edition accessories, iron titanium gaming, mens titanium necklace video babylisspro nano titanium spring curling iron games, and mobile applications.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer